Kisah Ketua RW, Lulus Kuliah dengan IPK Cumlaude 3,74

Salah satu wisudawan Pascarsarjana UM Surabaya yang juga menjabat sebagai Ketua RW, yakni Burhanuddin berhasil memperoleh nilai IPK Cumlaude 3,74.

Pria yang kerap disapa Burhan ini menyelesaikan studi Program Magister Pendidikan Islam secara tepat waktu di tengah padatnya aktivitas menjadi seorang Guru di SD Muhammadiyah 1 Pucanganom, Sidoarjo.

Dalam menyelesaikan tugas akhir, Burhan mengambil judul penelitian "Manajemen Strategis Kepala Sekolah dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan di SD Muhammadiyah 1 Pucanganom Sidoarjo".

Sebelum menjabat sebagai Ketua RW, Burhan juga telah disibukkan menjadi Ketua RT.

Saat menjadi Ketua RT, dia juga menjadi seorang Guru. Tak lupa, dia juga merupakan aktivis Angkatan Muda Muhammadiyah Sidoarjo.

Di Muhammadiyah, dia menjabat sebagai Sekretaris Bidang Dakwah dan Pengkajian Agama Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah (PWPM) Jawa Timur.

Dia juga diamanahi sebagai Ketua Majelis Kader PDM Sidoarjo.

Tak berhenti disitu, dia juga didapuk sebagai Dewan Penasehat Masjid Alhidayah Kedungkendo Candi Sidoarjo.

Dia menceritakan, dirinya dari pagi hingga sore mengajar. Pada malam hari, dia gunakan waktunya untuk kepentingan organisasi dan masyarakat.

Saat ini, sebut dia, merupakan tahun pertama dirinya menjabat sebagai Ketua RW, dengan masa jabatan 5 tahun.

"Awalnya saya ini adalah Ketua RT yang menjabat selama 2 tahun, tapi di tengah perjalanan, saya diminta warga untuk menjadi Ketua RW," kata dia dalam keterangannya yang ditulis Selasa (1/11/2022).

Setelah diamanahi menjadi Ketua RW, dia memiliki visi dan misi, seperti penerbitan manajemen keuangan dan penertiban masalah makam.

Karena, menurutnya 2 hal tersebut sangat krusial dan harus diterbitkan.

"Kebetulan jumlah penduduk yang saya urus ada 300 KK yang terdiri dari 5 RT, harapan saya semuanya bisa terkoordinir dengan baik," ungkap dia.

Tips dapat IPK Cumlaude

Demi menggapai IPK Cumlaude, dia menyebut kuncinya adalah fokus, menyukai belajar, dan lakukan yang terbaik apa yang sudah menjadi tanggung jawab.

Burhan juga memiliki prinsip dalam hidup, ketika seseorang memberikan manfaat untuk orang lain, maka akan diberikan kemudahan.

"Jika kita menolong agama Allah, maka niscaya Allah akan menolong kita dan meneguhkan kedudukan dan eksistensi kita," jelas dia.

Sebagai mahasiswa yang mendapatkan program beasiswa S2 dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Burhan berusaha membagu wakti sebaik-baiknya mulai dari mengurus anak-anak, organisasi hingga warga lingkungannya.

Dia menyebut, saat menjabat menjadi Ketua RW, dirinya dituntut menjadikan rukun warga, menghimpun dan mengikat beberapa RT dan yang terpenting mengayomi seluruh warga.

"Untuk menanamkan nilai-nilai agama dan kebangsaan, setiap tahun saya mewajibkan warga untuk mengadakan upacara bendera untuk seluruh warga," tutur dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kisah Ketua RW, Lulus Kuliah dengan IPK Cumlaude 3,74", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/edu/read/2022/11/01/181304471/kisah-ketua-rw-lulus-kuliah-dengan-ipk-cumlaude-374?page=all#page2.
Penulis : Dian Ihsan
Editor : Dian Ihsan

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.

BANNER

LokasiMengenal STIE YA BangkoPMB

POLLING

Siapa Dosen Favoritmu?
  Elsi Indria Sari, S.Pd, M.Pd
  Yunizar, S.Pd, M.Pd
  Irwansyah. S. Pd., M. Pd
  Ahyamudin, M. Pd
  Ricky Radius Sugiarto. SE.,Sy.M.M
  Ida Kurnia Putri, S.E.I., MM
  Rasmul Hendrianto, MH, M.Pd
  Mariyatun, SE. MM
  Akhwal Ardilman, SE. MM
  Agustina Wulandari,S.Pd,.M.Pd